Tuesday 25 November 2014

MESIN BUBUT CNC

Mesin Bubut CNC
mesin perkakas CNC ( Computer Numeric Controller ) adalah mesin perkakas yang dalam pengoperasian proses pemotongan (cutting) benda kerja oleh pahat/alat potong dibantu dengan kontrol numerik dengan menggunakan komputer. Arah gerakan pahat pada mesin perkakas CNC disepakati menggunakan sistem koordinat. Sistem koordinat pada mesin bubut CNC ( Gambar 1) adalah sistem koordinat kartesian dengan dua sumbu, yaitu sumbu X dan sumbu Z. Sistem koordinat mesin tersebut bisa dipindah-pindah titik nolnya untuk kepentingan pelaksanaan seting, pembuatan program CNC dan gerak pahat. Titik-titik nol yang ada pada mesin CNC adalah titik nol mesin (M) dan titik nol benda kerja  ( W ).



Gambar 1. Sistem koordinat pada mesin bubut CNC ( MCS) dan titik-titik nol yang ada pada mesin    bubut  CNC.

Sumbu X didefenisikan sebagai sumbu tegak lurus terhadap sumbu spindel mesin bubut. Arah positif sumbu X adalah arah yang menjauhi spindel. Sumbu Z adalah sumbu yang sejajar dengan sumbu spindel dan arah positifnya adalah arah yang menjauhi kepala tetap mesin bubut. Untuk kepentingan pembuatan program CNC digunakan sistem koordinat benda kerja ( WCS (workpiece cordinate system)).
Pemograman dapat dilakukan dengan sistem koordinat absolut dengan nama sumbu ( X,Z) atau sistem koordinat inkremental dengan nama sumbu (U,W), atau campuran antara absolut dan inkremental (X/U,U/Z). Pada waktu pembuatan program koordinat absolut harus diingat bahwa sumbu X adalah harga diameter.


No comments:

Post a Comment